Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz2B7eH9lkQ

19 Juli 2013

Barometer Seorang Lelaki

 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم  Segala puji hanya bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Serta shalawat dan salam selalu tercurah kepada Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam.

Pernakah terlintas di pikiran kita tentang sosok gambaran laki2...
Apakah kita benar-benar sosok laki2? apakah barometer atau tolak ukur seorang laki2?  
Apakah itu seorang yg memiliki postur tubuh yg besar dan atletis dgn otot2 serta urat2 yg kekar, Ataukah seseorang yg telah berhasil didalam jabatan dan karirnya? 
Ataukah timbangan seseorang laki2 itu adalah harta yg telah mereka simpan dan timbun.

Ketahuilah barometer yg Hak
Timbangan yg benar adalah timbangan Al-Qur'an.

Didalam Al-Qur'an surah al ahzab 23. Allah SWT menceritakan sifat seorang laki-laki, mari ukur diri kita apakah kita termasuk dalam golongan yg dimaksud oleh Allah SWT.

مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَى نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا  
"Diantara orang-orang yang beriman itu adalah beberapa laki-laki yang dengan jujur memenuhi apa yang telah mereka janji­kan kepada Allah; Diantara setengah dari mereka ada yang telah gugur untuk menepati janji mereka dan setengah dari mereka menunggu; dan tidaklah mereka mengubah-ubah(janjinya)".

Buka hati sebelum membuka mata diayat yang mulia ini, laki2 yang ALLAH SWT maksud ini adalah orang2 صادق (jujur) yang benar dalam janjinya dan janji yang wajib untuk kita tepati serta mewujudkannya dengan penghambaan kita hanya kepada ALLAH SWT tanpa menyekutukan sedikitpun, Bukankah kita sudah berjanji kepada ALLAH SWT kita dengarkan kumandang adzan lalu kita mengikutinya; 
 اَشْهَدُاَنْالَااِلَهَ اِلَّااللهُ 
   
Bukankah itu ikrar? janji kita kaum muslim kepada Allah SWT, bahwa kita bersaksi tidak ada yg ku sembah, tidak ada yg ku cintai, tidak ada yg ku taati, ku patuhi, ku takuti, tidak ada tempat ku berharap dan bergantung اِلَّااللهُ melainkan ALLAH. Benarkah janji itu? sehingga kita benar2 memurnikan segala bentuk peribadatan kita dalam menjalankan kalimat ini. ataukah masi ada selain dari pada ALLAH SWT yg kita agungkan dan menandinginya? seperti kuburan2 yg di agungkan, org2 mati yg dijadikan tempat berharap dan bergantung, jimat2, jampi2 yg diyakini bisa memberikan manfaat dan mudharat? tempat2 keramat (Gunung,pohon dan batu) Tidakkk. Seorang laki2 yg dimaksud disini adalah yg benar2 menepati janjinya kepada ALLAH SWT. 
Mewujudkan penghambaan kita kpd ALLAH SWT, bagaimana cara mewujudkannya? banyak diantara kita belum memahami apa itu ibadah? sebagian dari kaum muslimin mengira kalau mereka sudah mengerjakan shalat berarti telah menyempurnakan ibadahnya, sebagian mengira kalau sudah membayar zakat,berinfak,membantu tetangga,bersedekah,hadir dimajelis2 ilmu berarti sudah selesai beribadah. Sebagaimana didalam Surah al-baqarah 208:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً
Hai orang-orang yg beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan

Bukankah islam itu penyerahan diri kita yg mutlak kepada ALLAH SWT tunduk dan patuh hanya kepadanya secara menyeluruh, dan oleh karna itu sebaiknya ibadah itu setiap perkataan maupun perbuatan... zahir maupun batin; perkataan lisan, perbuatan badan, perkataan hati, perbuatan hati yg dicintai dan diridhai oleh ALLAH SWT inilah yg disebut ibadah yg wajib kita ikhlaskan tidak boleh kita alihkan, kita tujukan, kita niatkan, kita lakukan untuk selain ALLAH SWT inilah agama islam, hakikat tauhid dan diatas pondasi inilah Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam membangun umat.  

Kemudian ikrar yg kedua janji kita kepada ALLAH SWT yg wajib kita penuhi, ikrar kita bahwasanya Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam sebagai Rasulullah. Dialah manusia yg paling kita cintai, dialah manusia yg kita jadikan suriteladan,panutan,imam yg kita berjalan diatas jalannya. Memurnikan kesetian kita kpd Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam untuk meladani,mencontoh dan mengikutinya. Benarkah kita berpegang teguh sebagai seorang laki2 kepada ajaran dan sunnahnya? ataukah masi ada adat istiadat yg lebih kita kedepankan dari pada sunnah dan petunjuk Rasulullah  Sallallahu 'Alaihi Wasallam, ataukah ada budaya-budaya yg bertentangan dgn sunnahnya lebih kita sukai dan cintai? ataukah ada figur orang-orang tertentu yg lebih kita dengar kata-katanya dari pada hadist-hadist Rasulullah  Sallallahu 'Alaihi Wasallam Mana janji kita?

وَاَثْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ

Ketika seorang laki2 mewujudkan janjinya kepada ALLAH SWT dan mereka tidak sedikitpun merubah janji mereka, maka ALLAH SWT akan membalas orang2 yg صادق (jujur) yg benar menepati janjinya dengan kebenaran mereka. Serta mengazab, menyiksa dan menghukum orang yg munafik tak kala syahadatnya hanya sekedar selogan dan yel-yel sementara hatinya hampa, kosong dari ALLAH SWT dan dari kecintaannya kepada Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam Maka ALLAH SWT akan menyiksa dan menghukum orang2 munafik jika ALLAH SWT mengkhendaki atau menerima tobat mereka.

Mari koreksi diri kita dan mempelajari benar-benar tauhid tetapkan janji dan ikrar kita kepada ALLAH SWT, wujudkan 2 kalimat syahadat pada diri kita dengan itu insyallah mudah-mudahan akan terwujud kedamaian, ketentraman, ketenangan hilang rasa takut dan cemas. 

aminn ya rabbal alaminn


Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH